Selasa 13 Nov 2012 12:57 WIB

Bau Mulut, Indikasi Penyakit?

Bau mulut, ilustrasi
Bau mulut, ilustrasi

Pertanyaan:

Salam kenal, dokter. Saya menderita bau mulut. Yang saya rasakan setelah lama tidak makan, maka mulut saya akan merasakan kecut/asam. Lalu cairan mulut hanya terasa busa (tidak berlendir) itu pun hanya sedikit, kemudian terasa kering pada saat itu dapat dipastikan mulut saya akan berbau. Saya telah berobat, setelah dicek tidak ada tanda-tanda adanya sakit, artinya gigi saya sehat, lambung tidak ada keluhan begitu juga organ-organ lain.

Hanya saja, kandungan lendir dalam mulut saya sangat minim dan akan normal lagi ketika saya makan. Namun setelah selang beberapa lama makan akan kembali pada siklus itu. Setelah saya minum kopi, teh, susu dan banyak minum minuman lainnya, saya selalu merasakan rasa asam di mulut saya. Dokter, penyakit kelainan apa yang saya alami? Organ apa lagi yang harus saya cek untuk mendapatkan kesembuhan? Terima kasih.

Lazarus, Kupang

Jawaban:

Halo Pak Lazarus, sayangnya bapak tidak mencantumkan usia. Apa yang bapak keluhkan, sepertinya Anda mengalami apa yang disebut mulut kering yang dalam istilah kedokteran disebut Xerostomia, yaitu keluhan subyektif merasa mulut seperti kekurangan air liur.

Xerostomia bisa disebabkan karena usia lanjut di mana produksi kelenjar air liur mulai menyusut, obat-obatan yang sedang dikonsumsi (antidepressant, anti histamine, amfitamin, kecemasan yang berlebihan) dan berlanjut atau sebagai salah satu gejala dari penyakit lain. Keadaan ini diperparah dengan merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Pengobatan:

- Tergantung faktor penyebabnya;

- Hindari penggunaan obat pelonggar nafas/dekongestan, anti histamine, dsb;

- Banyak minum dan berkumur;

- Berkumurlah setelah mengkonsumsi kopi/ teh/ makanan atau minuman asam. Kopi dan teh merupakan minuman yang mengandung asam.

Demikian yang dapat disampaikan ya, Pak Lazarus. Semoga bau mulutnya cepat hilang dan kembali percaya diri, salam sehat. (US)

dr.Untung Sudomo,SpPS,KGEH.,MARS,FINASIM

Spesialis Penyakit Dalam RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement