Senin 12 Nov 2012 11:11 WIB

Payudara Besar Sebelah, Normalkah?

Anatomi Payudara (ilustrasi)
Foto: emedicinehealth.com
Anatomi Payudara (ilustrasi)

Pertanyaan:

Maaf dok saya mau tanya, bagaimana kalau payudara wanita itu ukurannya tidak sama, yang satu lebih besar dari yang lainnya, apakah itu merupakan sesuatu yang normal atau kelainan? Terima kasih sebelumnya.

Alia Syahida, Cikarang - 26 tahun

Jawaban:

Mbak Alia, perlu diketahui bahwa pada dasarnya ukuran payudara wanita tidak pernah sama ukurannya, terutama pada saat pubertas (usia 6 hingga 20 tahun). Walaupun setelah di atas 20 tahun terkadang ukuran payudara sedikit berbeda, tetapi hal ini adalah normal.

Pemeriksaan fisik payudara dengan memperhatikan bentuk dan ukuran adalah sebuah hal yang baik. Hal itu dapat dijadikan sebagai sarana awal untuk melihat kesehatan atas organ payudara. Namun demikian, pemeriksaan lanjutan dengan metode yang sederhana seperti yang telah dikenal sebagai SADARI (Perik-SA Payu-DA-ra Sendi-RI) dapat menjadi acuan dasar.

Hal tersebut dimulai dengan bercermin, melihat payudara, melakukan perabaan dan yang terpenting merasakan apakah terdapat hal yang bersifat berbeda seperti gumpalan, pembengkakan, timbul rasa sakit maupun nyeri atau beberapa kondisi lainnya.

Pada umumnya, dalam hal ukuran yang tidak simetris ini tidak perlu terapi. Kecuali bila ukurannya sangat jelas berbeda atau dalam hal kosmetik, yang penting wanita tahu memeriksa payudaranya sendiri untuk mendeteksi dini adanya tonjolan asing (abnormal).

Bila masih penasaran, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapat penjelasan pemeriksaan dan perawatan payudara yang benar. Sekian dan terima kasih. (SC)

dr.S.Chandra,Sp.OG.DMAS

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement