Jumat 09 Nov 2012 14:05 WIB

Mual dan Keluar Gumpalan Darah dari Mulut, Kenapa Ya?

Lambung (ilustrasi)
Lambung (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dokter, saya mau bertanya. Dua hari yang lalu sewaktu di kamar mandi, saat mau gosok gigi kebiasaan saya pasti mual-mual. Kata orang sih akibat asam lambung, tapi pagi itu saya mual sambil mengeluarkan gumpalan darah yang bercampur lendir dari mulut saya, dok. Langsung saya berdehem dan meludah lagi untuk memastikan apakah masih keluar dari mulut saya lagi apa tidak, tapi tidak keluar darah lagi, dok. Yang saya mau tanyakan, itu gejala apa ya dok? Untuk saat ini, saya belum berani periksakan ke RS karena takut kalau nanti divonis penyakit yang parah. Mohon jawabannya, dok. Saya tunggu, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Ibrahim, Kaltim - 26 Tahun

Jawaban:

Salam untuk Pak Ibrahim, sesuai dengan paparan yang diberikan kepada saya, maka ada beberapa kondisi yang perlu dicatat sebagai indikasi, yakni gumpalan darah pagi hari yang Anda keluarkan bercampur lendir beberapa hari yang lalu sepintas kemudian berhenti sendiri. Hal ini dapat berarti pada beberapa kemungkinan penyebab, di antaranya adalah:

- Akibat terlukanya kerongkongan pada bagian yang berhubungan dengan lambung Anda karena mau muntah (retching). Asam lambung yang keluar ke atas ke arah kerongkongan bisa mengerosi selaput lendir kerongkongan tersebut;

- Radang suinus (radang rongga-rongga di sekitar hidung) yang disebut post nasal drip;

- Masalah infeksi di gusi/ gigi geligi Anda;

- Masalah di saluran nafas Anda.

Saya sarankan, tidak usah takut meminta nasehat dokter Anda yang akan memeriksa jasmani serta mengarahkan pemeriksaan apa yang tepat (Lab, rongent, dsb) bila perlu. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari pemeriksaan yang mahal/ pemeriksaan yang tidak perlu.

dr.Untung Sudomo,SpPS,KGEH.,MARS,FINASIM

Spesialis Penyakit Dalam RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement