Kamis 25 Oct 2012 15:02 WIB

Benarkah Asam Jawa Bisa Menurunkan Kolesterol?

Asam Jawa
Foto: astrogle.com
Asam Jawa

Pertanyaan:

Dok, apa benar Asam Jawa bisa menurunkan kolesterol? Serta apakah aman bagi orang yang tensi darahnya cenderung tinggi? Terima kasih, dok.

Syaiful Islam, Tangerang - 36 Tahun

Jawaban:

Untuk Pak Syaiful, belum ada penelitian ilmiah terkait yang dilakukan secara khusus untuk jenis Asam Jawa. Sehingga agaknya, memang perlu pendalaman atas dampak konsumsi Asam Jawa pada kolesterol dengan hasil uji coba laboratorium.

Namun demikian, dalam kandungan Asam Jawa memang terdapat banyak Vitamin C. Dalam konteks ilmiah, Vitamin C memiliki peranan yang baik dalam menurunkan kolesterol, dengan asumsi dilakukan konsumsi yang teratur.

Perlu diingat pola konsumsi dilaksanakan secara teratur dan dalam takaran yang proporsional. Sehingga tidak berlebihan, karena akibat bila konsumsi Asam Jawa dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti mual dan diare.

Sedangkan hubungan antara Asam Jawa dengan kondisi potensi hipertensi, agaknya tidak terdapat masalah selagi yang dikonsumsi adalah buah Asam Jawa yang fresh. Saat ini terdapat banyak Asam Jawa yang merupakan produk olahan, dengan menggunakan pengawet yang mengandung natrium. Seperti diketahui, dampak dari Natrium pada konsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan beban ginjal, di mana asupan Natrium dalam makanan maksimal sebanyak 2.500mg per hari.

Demikian ya, Pak Syaiful. Semoga selalu diberikan kesehatan yang terbaik, salam sehat. (LH)

dr Laila Hayati, SpGK

Spesialis Gizi Klinik RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement