Senin 15 Oct 2012 14:17 WIB

Inilah Tips Bila ASI Susah Keluar Pasca Melahirkan

Ibu menyusui (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Ibu menyusui (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, istri saya baru melahirkan, namun ASI-nya susah keluar sehingga payudaranya menjadi keras. Bahkan setelah mendapatkan sedotan dari bayinya membuat puting susu Ibunya lecet. Bagaimana caranya agar ASI lancar keluar ya, dok? Apa yang sebaiknya dilakukan? Terima kasih. Salam.

Rudi, Cibinong - 35 Tahun

Jawaban:

Pak Rudi yang baik hati, tentu dukungan sepenuh hati dari seorang suami dan ayah sang bayi turut membantu secara psikologis bagi istri untuk dapat memberikan ASI. Pada prinsipnya, produksi ASI ibu harus didukung oleh asupan nutrisi yang baik, makanan dalam kategori gizi seimbang, lengkap makanan pokok beserta lauk, pauk, buah dan sayur serta susu menjadi sebuah langkah awal bagi kecukupan produksi ASI.

Bila terdapat kondisi di mana ASI susah keluar meski sudah distimulasi oleh hisapan bayi, maka dapat dilakukan kompres dengan menggunakan air hangat. Kondisi di mana ASI sulit keluar dan membuat payudara mengeras, dapat disebabkan karena ada sumbatan ASI yang membeku. Dapat pula dilakukan pijatan ringan dengan usapan dari pinggir menuju tengah, dengan begitu dapat membantu proses pengeluaran ASI sang Ibu.

Dampak yang ditimbulkan bila ASI terbendung bisa membuat payudara mengeras, serta dapat pula menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, disarankan bila keluhan tersebut muncul, dapat dikomunikasikan dengan dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Anda, maupun terlibat dalam Klinik Laktasi terdekat.

Sedangkan untuk kondisi puting payudara yang lecet akibat hisapan bayi, tentu lebih baik segera diobati, dan bisa diberikan salep yang membantu mendorong pemulihan puting susu Ibu. Demikian pak yang dapat disampaikan, salam sehat. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG, Mkes

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement