Rabu 03 Oct 2012 11:30 WIB

Gigi Berlubang Atau Keputihan Dapat Menyebabkan Gatal Kulit?

Kulit gatal/ilustrasi
Foto: Rosita/Republika
Kulit gatal/ilustrasi

Pertanyaan:

Dok, saya mengalami gatal-gatal di kulit. Itu kemerah-merahan dan rasanya panas, apalagi kalo berkeringat. Saya sudah ke dokter, tapi bukan spesialis kulit. Kalau minum obat, gatal-gatalnya sembuh tapi kalo obatnya habis, trus kambuh lagi. Saya sudah coba pakai sabun bayi dan hand body non pemutih, tapi tidak berpengaruh. Tetap saja merah-merah. Apakah ada pengaruh dari gigi berlubang atau sering keputihan? Terima kasih, dok. Mohon solusinya.

Siti Sofingah

Jawaban:

Salam sejahtera, Siti Sofingah. Dari keluhan yang disampaikan sebenarnya kurang spesifik. Seperti, apakah kemerahan tersebut menonjol atau tidak, bagian tubuh manakah yang terasa gatal, adakah riwayat makan atau konsumsi obat atau mengoles sesuatu pada bagian yang gatal, dan obat jenis apakah yang telah dikonsumsi.

Hal tersebut sangat diperlukan. Gatal pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain alergi, infeksi jamur dan lain-lain.

Gatal dan kemerahan pada kulit dapat berhubungan dengan gigi berlubang. Pada gigi berlubang biasanya terdapat infeksi, yang kemudian dapat bermanifestasi pada bagian kulit berupa kemerahan, gatal, berair sering terjadi pada bagian kaki.

Untuk keputihan, tidak ada hubungan dengan gatal kemerahan pada bagian tubuh yang lain. Saran saya apabila gatal dan kemerahan tersebut tidak membaik, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit kelamin terdekat.

Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih.

dr Sasa Khairunisa, SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement