Senin 24 Sep 2012 09:16 WIB

Sering Keluar Lendir dari 'Miss-V', Normalkah?

Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi
Foto: .
Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi

Pertanyaan:

Dok, saya sering merasa risih karena keluarnya lendir dari miss-V saya. Hal itu terjadi tidak hanya pada 1-2 hari sebelum/sesudah mens saja dok, tapi sering di hari-hari biasa juga. Kemudian, setelah saya berhubungan dengan suami juga kadang keluar. Apakah lendir yang keluar itu normal atau tanda abnormalitas, dok? Warnanya putih, kadang bening, tapi kadang juga seperti gel. Terima kasih, dok.

Dyah P., Jakarta - 26 tahun

Jawaban:

Untuk Mbak Dyah, sesuai dengan kriteria maka lendir yang normal itu tidak berwarna (bening, tidak kekuningan atau kehijauan), tidak berbau, tidak ada rasa gatal atau panas. Biasanya, produksi lendir akan meningkat pada 1-2 hari sebelum atau setelah mens. Termasuk bertambah lendir, pada saat terangsang, pada masa subur, dan pada akseptor KB IUD atau spiral.

Di sisi lain, lendir dapat timbul dan meningkat bila dalam kondisi lelah, capek bahkan karena stres. Dalam hal ini, yang paling penting dijaga adalah supaya vagina tidak lembab. Caranya, dengan mengeringkan setelah buang air kecil, segera berganti celana dalam bila basah dan pilih yang berbahan katun. Sementara, untuk pemakaian pantyliner dapat meningkatkan kelembaban, sehingga tidak disarankan.

Kewaspadaan kita akan penularan infeksi karena kontak pada area publik juga harus ditingkatkan. Artinya, bila hendak BAB atau BAK pilih tempat yang bersih. Setelah proses BAB maupun BAK tersebut, bersihkan menggunakan air dengan alur arah pembersihan dari depan ke belakang. Bila kemudian hal tersebut telah dilakukan dan masalah lendir dari miss-V masih menjadi kendala, ada baiknya saya sarankan ke Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk observasi lebih jauh.

Demikian ya, Mbak Dyah. Salam sehat. (RF)

dr Rina Fajarwati, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement