Kamis 06 Sep 2012 10:12 WIB

Usaha Jasa Teknik Listrik, Ini #Tips Mempromosikannya

Bisnis (ilustrasi)
Foto: projekt-kljucic.com
Bisnis (ilustrasi)

Pertanyaan:

Bapak Ery yang terhormat, perkenalkan saya Daniel telah memiliki usaha jasa teknik listrik yaitu bergerak di bidang pembuatan panel listrik, pemasangan dan perbaikan. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya mempromosikan usaha saya dengan efektif? Terima kasih sebelumnya.

Daniel

Jawaban:

Pak Daniel yang sangat luar biasa, selamat Anda telah memulai satu bidang kewirausahaan. Semoga apa yang ditekuni sekarang, merupakan sebuah hal yang terkait dengan keahlian ataupun minat serta bakat yang Anda miliki, ya. Dengan demikian, maka pekerjaan yang dilakukan akan lebih bermakna dari proses yang dilakukan hingga ke akhir tujuan yakni memperoleh pendapatan.

Promosi yang efektif bisa dilakukan dengan banyak cara tentunya, mulai dari tingkat yang sederhana hingga pemasaran di level yang komprehensif. Namun demikian, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah market sasaran yang akan dituju, apakah perumahan dan individual? Perkantoran swasta? Proyek pemerintah? Atau mau melakukan agregasi sasaran (masuk ke semua lini).

Dalam hal ini, karakteristik sasaran tentu berbeda pendekatan yang dibuat. Semisal untuk retail individual, maka yang diperlukan adalah identifikasi atas keberadaan usaha dari jasa teknik listrik Anda. Mulai dari penunjuk tempat, brosur, hingga beriklan di majalah komunitas, sektor sasaran ini mementingkan akses lokasi yang dekat serta kecepatan layanan (sediakan jasa panggilan ke rumah).

Sedangkan untuk perkantoran swasta umpamanya, berarti Anda harus mulai dengan penyusunan kelengkapan status legalitas perusahaan. Bisa dimulai dengan menjadi sub-kontraktor elektrikal dari kontraktor utama. Termasuk menjadi perusahaan yang mengikat perjanjian dengan perusahaan untuk kontrak servis listrik dalam kurun waktu tertentu. Relasi dan rekomendasi atas kualitas pekerjaan menjadi bagian yang berkontribusi.

Bila kemudian menjalankan pekerjaan based proyek pemerintah misalnya, pastikan pilih pekerjaan yang mungkin dan bisa dilakukan. Karena selain hasil akhir yang menentukan, karena proyek based on time dan tenggat pembayaran, maka harus memiliki persiapan keuangan yang memadai. Dalam hal ini, agaknya menjadi vendor departemen yang berkaitan dengan energi kelistrikan menjadi penting.

Promosi erat berkaitan dengan ekspektasi peningkatan omset, namun perlu diketahui bahwa promosi adalah level dasar dari pemasaran. Karena itu, lakukan inovasi secara kontinu dan selalu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada aspek keilmuan Anda. Tetap semangat ya, Pak Daniel. Salam Entrepreneur. (EK)

Ery Kasman, SE, MSi  

Direktur Entrepreneur Institute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement