Rabu 05 Sep 2012 11:16 WIB

Waduh, Usia 21 Tahun Belum Haid, Kenapa Ya?

Gangguan haid/Ilustrasi
Foto: Musiron/REPUBLIKA
Gangguan haid/Ilustrasi

Pertanyaan:

Dokter, saya hendak menanyakan, normalkah bila sampai saat ini saya yang berusia 21 tahun belum pernah menstruasi? Kenapa ya hal itu bisa terjadi? Apakah hal tersebut berpengaruh pada kesuburan? Apakah berbahaya? Tolong dibantu untuk menerangkan ya, dok. Terima kasih.

Qori, Jatiwarna - 21 tahun

Jawaban:

Dear Mbak Qori, wanita normal akan mengalami mentruasi saat berusia 9 - 16 tahun, dengan rata-rata usia 12 tahun. Bila wanita tidak pernah haid serta tidak dijumpai tanda-tanda seks sekunder (misalnya pertumbuhan rambut kemaluan, perkembangan payudara pada usia 14 tahun), atau dijumpai tanda-tanda seks sekunder tetapi tidak mendapat haid hingga usia 16 tahun, maka wanita tersebut dapat disebut penderita Amenore Primer.

Amenore Primer (wanita tidak pernah haid sama sekali) dapat disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

- Kelainan pada anatomi genital (Mayer Rokintansky Kuser Hauser Syndrome);

- Gangguan pada testis (Feminisasi Testikuler);

- Gangguan pada anak ginjal (Adremo Genital Syndrome);

- Gangguan pada Indung Telur (A/dysgenesis Gonad);

- Gangguan persyarafan (Kauman Syndrome);

- Atau dimungkinkan disebabkan oleh hal lain.

Pengobatan pada Amenore Primer tentunya tergantung dengan faktor penyebabnya. Untuk terjadinya kehamilan tentunya diperlukan pelepasan sel telur, yang tanda-tandanya dapat kita jumpai dengan mentruasi teratur. Dengan tidak pernah haid sama sekali, maka secara medis dapat dikatakan wanita tersebut tidak subur (Mandul). Kecuali pada Amenore Sekunder, di mana kesuburan mungkin saja muncul tanpa didahului menstruasi.

Saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk mencari penyebab dan pemecahannya. Hal ini dikarenakan penanganan penyakit ini yang sangat individual. Demikian yang dapat dijelaskan ya, Mbak. Terima kasih. (SC)

dr Samson Chandra, SpOG

Spesialis Kandungan dan Kebidanan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement