Jumat 31 Aug 2012 09:18 WIB

Bagaimana Ya, Solusi Melatih Kaki yang Pincang?

Berjalan kaki, salah satu cara melangsingkan tubuh
Berjalan kaki, salah satu cara melangsingkan tubuh

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya, gimana ya solusinya untuk melatih kaki pincang supaya tidak pincang lagi? Pada saat saya berumur 16 tahun, kaki saya pernah retak. Sekarang kaki saya sudah sembuh, tapi ketika berjalan masih pincang, padahal sudah tidak sakit (menurut saya mungkin itu karena terbiasanya). Terima kasih, dok.

Andy W., Jakarta Barat - 27 tahun

Jawaban:

Bapak Andy, tentunya indikasi bahwa yang terjadi hanya disebabkan oleh karena faktor kebiasaan, sangat dimungkinkan. Untuk keseharian, disarankan agar melakukan kebiasaan untuk berjalan seperti biasanya. Bisa pula dibantu dengan menggunakan sepatu sport yang alasnya lunak (karetnya tebal), sehingga akan lebih lembut dan nyaman dalam melangkah.

Sesuai riwayat atas kondisi kaki yang retak, hal tersebut telah terjadi 11 tahun yang lalu dan telah ditangani, sehingga agaknya tidak bermasalah. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi dengan spesialis Orthopedi serta melakukan re-observasi kondisi kaki tersebut. Hal ini guna mengetahui kondisi terkini, apakah terjadi perubahan bentuk dan sebagainya.

Dalam hal ini, tentu dapat dilihat melalui proyeksi citra melalui X-Ray, guna dapat melakukan evaluasi secara lebih jelas. Selain itu, dengan riwayat pernah mengalami retak kaki, maka aspek yang perlu diperhatikan yakni menjaga kaki dengan perlindungan terbaik. Termasuk berhati-hati dalam beraktivitas yang berat dengan potensi cedera kaki yang besar, seperti berolahraga sepak bola. (AS)

dr Andre Sihombing, SpBO

Spesialis Bedah Tulang RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement