Rabu 29 Aug 2012 11:19 WIB

Mencabuti Bulu Ketiak, Berhubungan dengan Kanker Payudara?

Kanker payudara (ilustrasi).
Foto: riversideonline.com
Kanker payudara (ilustrasi).

Pertanyaan:

Salam dok, perkenalkan saya Dian usia 23 tahun. Saya termasuk sering sekali mencabuti bulu ketiak. Pada suatu hari, saya merasakan sakit dan gatal yang sangat di daerah puting dan sekitarnya hingga saat ini. Apakah ada hubungan antara mencabut bulu ketiak dan sakit yang saya rasakan sekarang ya, dok? Lalu, apakah rasa gatal dan sakit itu dapat mengakibatkan kanker? Terima kasih atas jawabannya ya, dok.

Dian

Jawaban:

Salam, Mbak Dian, semoga sehat selalu ya. Kebiasaan mencabut bulu ketiak tidak berhubungan dengan kasus kanker payudara. Namun dalam hal ini, upaya untuk menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan metode mencabut bulu memang membuat terjadinya kondisi peradangan/ infeksi pada kulit lipatan ketiak. Cirinya berupa kemerahan bahkan bisa menghitam.

Situasi di mana timbul rasa gatal dan sakit, khususnya pada daerah puting payudara tidak berkorelasi dengan kebiasaan mencabut bulu ketiak. Di sisi lain, rasa gatal dan sakit di daerah puting bisa menjadi salah satu tanda/ gejala kanker payudara atau sering disebut penyakit paget.

Selain gatal dan sakit pada daerah puting, gejala yang dapat timbul pada penyakit paget ini, antara lain:

- Kulit pada puting susu dan areola (daerah berwarna coklat di sekeliling puting susu) tampak kemerahan;

- Meradang terkelupas hingga timbul borok;

- Bisa mengalami perdarahan;

- Luka terbuka pada puting susu ini, tidak sembuh dan disertai gatal dan perih, biasanya unilateral (hanya satu puting susu yang terkena).

Di samping itu, perlu kewaspadaan bila terdapat kondisi puting susu tertarik ke dalam, atau terdapat cairan dari puting susu. Pada kasus kanker payudara, payudara bisa ditemukan benjolan, atau mungkin juga tanpa diketahui sebelumnya telah terdapat benjolan.

Untuk diagnosis pasti, dokter perlu melakukan beberapa tes tentunya. Meski tidak berhubungan, rasanya kebiasaan mencabut bulu ketiak sebaiknya tidak diteruskan, dan bisa diganti dengan menjaga kebersihan di daerah ketiak. Bila kondisi sakit dan gatal di payudara masih terus berlanjut, saya sarankan segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Demikian Mbak Dian, semoga infonya membantu.

dr.Sasa Khairunissa,Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement