Rabu 22 Aug 2012 12:07 WIB

Bisnis Waralaba, Ini Dia Triknya

Rep: Nur Hasan Murtiaji/ Red: Endah Hapsari
Waralaba, ilustrasi
Waralaba, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bisnis waralaba punya kekhasan sendiri. Berikut adalah tips berbisnis waralaba ala pemilik Klenger Burger:

1. Harus bisa membuat branding 

Modal utama berbisnis harus bisa mengemas produk dengan baik. Tantangan utama agar setiap pro duk yang dibeli masyarakat mengingatkan mereka terhadap produsen. Ba rang boleh sama, tapi yang menentukan adalah pengemasannya. 

 

2. Pintar lihat peluang 

Bisnis yang tidak berkembang sering disebabkan segmen pasar yang salah. Ada baiknya tanpa ragu berganti haluan mencari segmen pasar yang lebih panas.

 

3. Pertahankan ciri khas 

Ciri khas sangat penting menentukan keberlangsungan bisnis saat banyak kompetitor datang menyerbu. Ciri khas istimewa yang tidak dimiliki pengusaha lain membuat pelanggan tak mudah berpaling. 

 

4. Harus dengan hati yang bersih 

Melayani orang makan harus dengan hati. Artinya, mood pengusaha harus selalu bisa memuaskan konsumen. Pengusaha tak bisa melayani konsumen dengan baik jika keadaan hatinya sedang tidak bagus. 

 

5. Selektif di waralaba 

Waralaba penting untuk mengembangkan sayap bisnis. Tapi, jangan berambisi dengan eskpansi waralaba yang besar-besaran. Peng usaha harus bisa menyeleksi calon-calon peminat waralaba agar bisa sesuai dengan visi yang diusung ketika bisnis dibangun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement