Jumat 24 Aug 2012 09:10 WIB

Keputihan Kental Disertai Sedikit Darah, Gejala Kanker?

serviks noemal vs serviks terserang kanker
Foto: www.encognitive.com
serviks noemal vs serviks terserang kanker

Pertanyaan:

Dok, saya 26 tahun dan belum menikah. Mempunyai riwayat menstruasi tidak teratur sejak remaja. Setiap menjelang haid, saya sering merasakan nyeri perut/ kram perut di perut bawah bagian kiri atau kanan, disertai keputihan. Bahkan, bisa tiba-tiba kram hebat selama 5-10 menit tanpa keputihan.

Keputihan yang saya alami, jika saya melihat bekas celana dalam, berwarna kekuningan, dan menurut saya agak bau, tapi tidak terlalu menyengat atau amis. Beberapa kali saya pernah menjumpai keputihan saya kental, disertai dengan adanya sedikit darah coklat/kehitaman. Apakah ini merupakan kelainan? Ataukah gejala Kanker?

Citra Jakarta - 26 tahun

Jawaban:

Mbak Citra, kondisi nyeri haid bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya dapat disebabkan karena endometriosis, atau infeksi pada saat haid yang disertai dengan terjadinya keputihan.

Dalam hal ini, indikasi dasar bagi keputihan yang wajar adalah tidak berbau, tidak panas, tidak gatal dan tidak berwarna. Nah untuk itu, bila dirasakan kondisi keputihan yang dialami berbeda dari ciri keputihan normal, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Problem keputihan yang berwarna kekuningan, bahkan kehitaman disertai dengan bercak darah harus segera diobati. Di antaranya, sesuai dengan arahan dokter yang melakukan observasi, termasuk dapat menggunakan antibiotik. Dalam kondisi keputihan yang berlangsung lama, hal ini dapat memicu terjadinya kanker serviks. Semoga Mbak Citra bisa memahami penjelasan ini. Terima kasih. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement