Kamis 23 Aug 2012 09:07 WIB

Keluar Gumpalan Darah Sebesar Telapak Tangan, Masih Bisa Hamil?

Tes kehamilan
Foto: Babycenter
Tes kehamilan

Pertanyaan:

Selamat pagi dok, mau tanya ya. Saya seorang pengajar sekarang dan sudah menikah selama 1,5 tahun, tapi belum dikaruniai anak. Ketika haid hari pertama, keluar gumpalan darah (seperti daging sebesar telapak tangan. Sementara, hari ke-2 dan ke-3, perut saya sakit sekali hingga hampir mau pingsan. Hal itu saya alami setelah menikah. Dulu sebelum menikah tidak sakit seperti sekarang. Kenapa ya, dok? Kira-kira, saya masih bisa punya momongan tidak?

Bu Tomi, Jawa Tengah - 31 Tahun

Jawaban:

Salam buat Bu Tomi, semoga sehat selalu. Untuk menjawab apakah masih bisa memiliki keturunan atau tidak, langkah yang paling dasar harus dilakukan yaitu memeriksa tingkat kesuburan pasangan. Di antaranya dengan pemeriksaan kesehatan sperma suami. Selain itu, juga pemeriksaan HSG untuk istri, guna melihat serta menilai apakah saluran telur dalam keadaan terbuka atau terdapat sumbatan.

Sedangkan terkait dengan kondisi yang dialami saat haid, dengan kondisi yang bergumpal disarankan untuk melakukan USG pada saat haid guna menilai kondisi organ reproduksi. Tentu hal ini dilakukan oleh Spesialis Kebidanan, untuk dapat menentukan apakah terdapat kelainan, seperti misalnya hiperplasia maupun mioma polip. Setelah itu, baru kemudian akan dilakukan terapi dan treatment sesuai dengan kondisi yang menyertai diagnosanya.

Demikian ya bu, semoga segera lekas pulih dan mendapatkan momongan. Terima kasih. (SS)

dr Sanny Santana, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement