Selasa 31 Jul 2012 11:34 WIB

Bisnis Berkembang Lalu Ingin Buka Usaha Baru, Apa Persiapannya?

Bisnis (ilustrasi)
Foto: galeriukm
Bisnis (ilustrasi)

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum, Pak pengasuh rubrik. Saya membuka usaha selama 3 tahun dan sudah berkembang. Saya ingin membuka usaha lain yang berbeda jauh dibanding usaha sebelumnya, usaha dalam bidang makanan. Kira-kira apa persiapan yang perlu saya lakukan? Thanks.

Roy, Malang - 34 Tahun

Jawaban:

Wa'alaikumsalam wr. wb.

Salam wirausaha buat Pak Roy. Semoga selalu diberikan keberkahan dalam bisnis yang sedang dan akan digeluti.

Rasanya, Pak Roy tentu telah memiliki pengalaman yang cukup dalam memulai dan mengembangkan usaha. Namun dalam hal ini, saya hendak menekankan beberapa hal yang penting untuk dijadikan sebagai latar belakang, dalam pengambilan keputusan berusaha.

Intensifikasi usaha adalah mengembangkan kapasitas usaha yang telah ada mencapai titik optimal, serta melakukan berbagai inovasi terkait layanan turunan atas usaha yang telah ada.

Ekstensifikasi usaha adalah usaha dalam perluasan bisang usaha, meliputi upaya untuk merambah bidang usaha baru, yang tidak terkorelasi atas bisnis yang telah ada sebelumnya.

Dalam merumuskan mana yang akan kita pilih, tentu harus disadari pembukaan bisnis baru membutuhkan fokus serta konsentrasi yang lebih mendalam. Karena bidang usaha yang akan dijalankan itu merupakan sebuah jenis bisnis yang berbeda. Sehingga, perlu persiapan yang matang dalam hal permodalan, strategi pemasaran, sumber daya manusia dan format usaha.

Terkait dengan hal tersebut, maka tentu dalam dunia bisnis perlu dilakukan pemisahan kapital bagi kedua bisnis yang tidak sejenis ini. Sehingga, tidak membuat efek sebab-akibat, di mana bila kemudian bisnis yang baru tidak berjalan sesuai rencana, hal itu tidak akan menjadi penyebab bagi terganggunya proses perkembangan usaha yang telah eksisting sebelumnya. Ingat, bahwa bisnis tidak selalu sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Meski demikian, keputusan memang ada di tangan Pak Roy. Sebagai pelaku usaha, tentu telah ada perhitungan yang cukup dalam menimbang jenis usaha baru yang akan ditekuni.

Prinsip dasar dunia usaha yaitu pertahankan, perbaiki dan perbesar, di mana sesuai dengan rumusan tersebut memang tidak terelakkan untuk melakukan pengembangan. Namun begitu, diperlukan prinsip kehati-hatian dalam mengambil keputusan usaha.

Saran saya, perhitungkan dengan baik semua kemungkinan yang terjadi atas usaha yang baru. Lakukan pemisahan kapasitan usaha dengan bisnis yang telah berjalan. Jadikan eksisting bisnis yang pertama, untuk tetap dijalankan oleh para profesional yang terpercaya. Hal tersebut tentu dikarenakan, sumber pendapatan Anda dalam keseluruhan bisnis dihasilkan oleh bisnis pertama Anda.

Demikian Pak, yang dapat saya usulkan. Semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik. Tetap semangat dan salam entrepreneur. (EK)

Ery Kasman, SE, MSi  

Direktur Entrepreneur Institute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement