Rabu 04 Jul 2012 17:54 WIB

Inilah Kiat Bila Sulit Hamil

Tes kehamilan
Foto: Babycenter
Tes kehamilan

Pertanyaan:

Salam Dokter, saya seorang Istri dari daerah Jawa Timur. Saya sudah menikah selama 6 tahun. Di 3 tahun awal sengaja ditunda agar tidak cepat hamil (saat melakukan hubungan intim, suami selalu mengeluarkan spermanya di luar). 3 tahun belakangan, saya belum hamil juga (sering terlambat 1/2 minggu). Apa ya yang harus saya lakukan?

Heny, Jember - 26 tahun

Jawaban:

Hai Bu Heny, semoga selalu baik di sana, ya. Dalam hal di mana belum memiliki keturunan, maka yang perlu diobservasi dalam kerangka pemeriksaan adalah Anda sebagai sebuah pasangan. Dengan demikian, baik suami maupun istri memiliki tanggungjawab yang sama, untuk saling menguatkan komitmen dalam mendukung program guna mendapatkan keturunan.

Karena itu, saran saya adalah Ibu dan Suami melakukan pemeriksaan kesehatan bersama. Khususnya untuk Ibu, melakukan pemeriksaan atas kemungkinan kehamilan berkaitan dengan kondisi kesuburan. Di mana nantinya akan dilakukan pemeriksaan siklus haid, penentuan masa subur, pemeriksaan USG, pemeriksaan laboratorium. Sedangkan untuk suami, akan dilakukan pemeriksaan sperma di laboratorium.

Setelah itu, baru kemudian dapat dilakukan diagnosa atas kendala yang dihadapi. Pada kondisi ini, metode penanganan yang sesuai akan dilakukan. Termasuk di antaranya, disarankan untuk memperbaiki pola hubungan seksual agar tepat waktu pada saat kesuburan, hingga memperbaiki gaya hidup yang mendukung terciptanya situasi yang subur tersebut.

Di tahapan selanjutnya, maupun pada saat yang bersamaan, akan disusunkan pola pengobatan yang sesuai guna memicu masa subur. Bila kemudian dalam diagnosanya terdapat kendala dalam konteks problem maupun gangguan kesuburan, maka fase tindakan inseminasi maupun penggunaan metode bayi tabung (IVF) dapat menjadi solusi yang diusulkan bagi pencarian solusi mengenai keturunan.

Semoga Ibu dan Suami dapat segera melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan dan berkonsultasi dengan dokter Obsgyn terdekat. Semoga bisa segera berhasil ya, Bu. Salam sehat. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG, Mkes

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement