Senin 25 Jun 2012 09:51 WIB

Usia 45 Tahun dan Masih Haid, Bisakah Hamil?

Hamil. Ilustrasi
Foto: obgyn911.com
Hamil. Ilustrasi

Pertanyaan:

Dear Dokter, bagaimana jika usia wanita sudah mencapai 45 tahun dengan kondisi masih haid, apakah masih bisa hamil? Mohon informasinya. Terima kasih

Nuni, Sulawesi - 45 tahun

Jawaban:

Dear Bu Nuni yang baik, berkenaan dengan pertanyaan yang ibu sampaikan, maka kondisi kehamilan terjadi ketika masa subur berlangsung, di mana terjadi pertemuan antara sperma dan sel telur. Dengan kondisi di mana masa subur tersebut berlangsung, maka potensi terjadinya kehamilan sangat dimungkinkan tentunya.

Perlu dipahami, pada saat haid, maka akan dilepaskan sel telur (ovum) di bagian tengah siklus menstruasi. Nah, pada saat tersebut dikenal sebagai masa subur. Bila dalam kondisi tersebut terdapat sperma yang masuk dan bertemu dengan sel telur, maka terjadi kehamilan. Hal ini dapat saja terjadi, dengan kondisi di mana haid yang dialami masih terjadi dalam siklus yang berulang dan teratur.

Menurut hemat saya, yang penting untuk dipersiapkan secara psikologis adalah, apakah kehamilan ini menjadi sebuah hal yang memang dipersiapkan? Karena konsekuensi kehamilan pada usia di atas 30 tahun memerlukan penanganan yang tepat dan sesuai karena pendekatan faktor usia. Di mana risiko yang mungkin terjadi pada kehamilan di usia di atas 30 tahun tentu harus dikelola dengan baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan, Bu. Semoga bisa memenuhi kebutuhan informasi ya, Bu. Salam sehat. (RS)

dr. Ricky Susanto, SpOG-MKes

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement