Kamis 24 May 2012 16:23 WIB

Sakit dari Pinggang Hingga Kaki, Kenapa Ya?

Sakit pinggang (ilustrasi)
Foto: arylokhospital.com
Sakit pinggang (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dokter yang terhormat, saya punya keluhan sakit dari pinggang sebelah kiri hingga kaki sebelah kiri. Kalau sudah terasa, rasanya sakit sekali sampai kaki terasa pegal. Apakah itu terjepit saraf atau sakit pinggang? Biasanya kalau terjepit saraf pinggang bisa disembuhkan tidak, dok? Dengan cara bagaimana? Soalnya saya sudah bolak balik berobat ke dokter, tapi begitu obat habis akan terasa lagi. Terima kasih.

Dedih, Bandung - 38 tahun 

Jawaban:

Untuk Bapak Dedih yang saya hormati, terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan bapak saat ini yaitu nyeri pinggang sebelah kiri menjalar ke kaki kiri. Pertama yang perlu diketahui yakni historis medis. Seperti apakah sebelum sakit? Apakah bapak ada riwayat angkat beban-beban yang berat? Atau pernah jatuh terduduk? Juga perlu tambahan data seperti, apakah misalnya ketika bapak batuk, bersin dan mengejan dapat menambah rasa nyeri tersebut.

Jika iya, maka masih mungkin saraf anda ada yang terganggu/ terjepit. Perlu diketahui, bahwa secara sederhana, saraf terjepit itu adalah kondisi di mana terjadi gangguan atas aliran impuls saraf, dari dan ke tempat yang menjadi fungsi layanan saraf tersebut.

Hal ini dapat disebabkan karena kondisi trauma, seperti pernah ada riwayat kecelakaan maupun dari kesalahan gerak tubuh. Bahkan, posisi tubuh dengan sikap yang tidak benar dapat menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Hal ini ditandai dengan gejala seperti kesemutan, hingga rasa nyeri yang menjalar.

Untuk dapat memastikan serta membuktikan hal tersebut, tentu saja saya menyarankan agar bapak melakukan konsultasi dan observasi ke dokter spesialis saraf. Di samping itu, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang dalam mendukung diagnosa dengan x-foto (lumbosacral) di daerah pinggang.

Dapat pula dilakukan imaging, dengan menggunakan alat MRI untuk melihat serta memastikan apakah benar hal itu disebabkan oleh terjepit saraf. Dalam upaya sebagai metode penanganan sementara, bapak boleh dibantu dengan menggunakan obat-obatan penghilang nyeri dan treatment fisioterapi.

Demikian yang dapat disampaikan, Pak Dedih. Semoga lekas pulih kembali dan salam sehat. (SS)

dr. S. Saunderajen, Msi, Med, SpS

Spesialis Saraf RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement