Rabu 11 Apr 2012 10:16 WIB

Makan Malam Membuat Kadar Kolesterol Cepat Terakumulasi?

Pola makan teratur dengan menu sehat (ilustrasi)
Foto: dietplantips.com
Pola makan teratur dengan menu sehat (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, saya memiliki kebiasaan makan berat di malam hari karena terasa lapar. Tetapi, terkadang suka lupa makan pagi dan siang. Apa benar, Dok, makan malam membuat kadar kolesterol lebih cepat terakumulasi? Kalau makan malam, sebaiknya jenisnya apa sih, Dok, agar tetap sehat? Terima kasih. Salam.

Deddy Arthur, Jakarta - 35tahun

Jawaban:

Salam untuk Pak Deddy. Fungsi dari konsumsi makanan salah satunya yaitu memberikan sediaan energi bagi aktivitas tubuh. Hal tersebut, akan berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Dalam hal ini, menurut hemat saya, sebaiknya pola makan diatur dalam proporsi jumlah dan jadwal waktu makan.

Kebutuhan asupan makanan dikelola dalam tiga bagian secara teratur, dengan periode perulangan waktu makan pun telah diatur. Makan secara sehat sebaiknya dalam kriteria teratur 3 kali sehari. Hal tersebut akan membantu tubuh dalam ritme metabolisme yang sesuai kebutuhan.

Berkenaan dengan apakah ada kemungkinan makan malam yang tidak teratur dapat berdampak pada timbunan kolesterol? Maka, dapat disampaikan bahwa, pola makan yang tidak teratur secara langsung akan membuat metabolisme tubuh pun tidak teratur. Sehingga, konsekuensi lanjutannya bisa berakibat pada pembentukan serta pemakaian kolesterol secara tidak seimbang.

Ketika malam hari, aktivitas utama yaitu beristirahat dengan tingkat pembakaran energi yang rendah. Maka, makan malam yang tidak proporsional, baik dalam jumlah kalori maupun waktu makannya, dapat berakibat pada pembentukan kolesterol secara berlebihan.

Makan malam yang sesuai porsinya, serta sesuai dengan pola waktu makan, tidak akan membuat kolesterol naik, asalkan jenis makanannya sehat. Dalam hal ini, kaitan timbunan kolesterol tentu akan berhubungan dengan kegiatan aktivitas fisik di pagi hari. Oleh karena itu, tetap berolahraga serta jaga berat badan tetap dalam kondisi normal.

Pola makan sebaiknya 3 kali sehari, pagi, siang dan malam. Pada setiap waktu makan tersebut sebaiknya terdiri dari: nasi, lauk, sayur. Selingan antara waktu makan paling bagus, buah. Dengan pola asupan demikian, tubuh akan memiliki stamina yang baik serta sehat.

Demikian Pak Deddy, semoga makan malamnya tidak lagi menjadi terlalu larut, ya. Salam sehat. (LH)

dr Laila Hayati, SpGK (Spesialis Gizi Klinik)

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement