Jumat 16 Mar 2012 17:17 WIB

Fokus Bekerja atau Berwirausaha?

Wirausaha/ilustrasi
Wirausaha/ilustrasi

Pertanyaan:

Selama ini, saya telah memulai usaha disamping bekerja sebagai pegawai swasta. Sekurangnya, setahun terakhir ini saya menjalankan usaha percetakan, yang masuk ke arah pengadaan kebutuhan instansi. Namun, karena belum fokus dalam berusaha, sehingga kadang terhambat dengan aktivitas pekerjaan rutin. Bagaimana sebaiknya, agar kedua hal tersebut dapat berjalan secara bersamaan? Atau memang harus mulai berkonsentrasi dalam satu pilihan? Salam.

Rudi Supriyanto, Bogor - 28 tahun

Jawaban:

Salam Entrepreneur, Mas Rudi. Langkah yang dilakukan untuk menjajaki dunia kewirausahaan, disamping dunia bekerja, merupakan hal yang luar biasa. Perubahan pola dalam sudut pandang dan sikap perilaku pasti berbeda di antara kedua belahan dunia tersebut.

Fase akomodasi dari pekerja menjadi pengusaha, memang merupakan tahapan transisional. Keputusan akhir memang perlu ditimbang secara cermat di antara kedua pilihan itu, untuk kemudian secara total terlibat secara mendalam.

Benar, bahwa salah satu yang menjadi dasar penting dalam kewirausahaan yakni fokus dan konsentrasi. Sehingga, dengan demikian kita dapat melakukan serangkaian tindakan yang penting dalam mengembangkan usaha yang telah dirintis tersebut.

Sebagai sebuah pilihan, tentu saja ada di tangan Mas Rudi. Namun, ada beberapa petunjuk yang patut dijadikan guidance dalam pertimbangannya nanti. Seperti, apakah sudah dibicarakan secara bersama dengan pasangan Anda? Karena dukungan orang terdekat menjadi penting.

Kemudian, apakah telah disisihkan uang bagi kebutuhan keluarga yang cukup, dengan asumsi bila kemudian usaha tidak memberikan hasil sesuai harapan. Disamping itu, apakah sudah dipersiapkan alternatif pilihan, dalam skema di mana terjadi kebuntuan dalam berusaha. Hal tersebut akan menjadi dasar perhitungan yang kuat, bagi pengambilan keputusan tentunya.

Pada beberapa kasus serupa, terdapat kondisi di mana membutuhkan waktu bertahun-tahun. Hingga pada akhirnya, kemudian fokus berwirausaha dilaksanakan secara independen dan melepaskan karir profesional. Namun, pilihan untuk bertindak mandiri dan mulai menjalankan bisnis dengan melibatkan orang lain, merupakan sebuah hal yang tentu saja sangat luar biasa. Semoga sukses selalu.

Ery Kasman, SE, MSi 

Direktur Entrepreneur Institute

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement