Senin 05 Mar 2012 12:18 WIB

Sudah 3 Tahun Menikah tapi Belum Punya Anak

Ingin hamil (ilustrasi)
Foto: organicbabyatlanta
Ingin hamil (ilustrasi)

Pertanyaan:

Dok, saya telah menikah selama 3 tahun dan sampai saat ini belum dikarunia anak. Saya seorang perempuan yang bekerja sebagai penjahit. Saya sudah mencoba ke dokter dan hasilnya tidak ada masalah dengan kandungan saya. Adakah tips yang harus saya lakukan, termasuk jenis makanan yang harus dikonsumsi supaya saya cepat hamil? Terima kasih. Salam. 

Dwi, Lampung - 32 tahun

Jawaban:

Hi Bu Dwi, menjadi ibu produktif dengan bekerja tentu merupakan hal yang luar biasa. Berkenaan dengan pertanyaan yang diajukan, maka berikut ulasan yang dapat saya sampaikan. Suatu pasangan bisa hamil, sekitar 90% di antaranya didominasi serta ditentukan oleh tiga faktor terkait, yaitu:

1. Faktor sel telur;

2. Faktor saluran dan anatomi rahim;

3. Faktor sperma.

Bila ibu telah diperiksa, dan dinyatakan perkembangan dan ovulasi sel telur serta saluran rahim ibu normal, mungkin faktor penyebabnya adalah karena dari sperma suami ibu. Untuk itu, perlu pemeriksaan analisa sperma suami ibu. Faktor lain memegang peran 10% adalah faktor yang belum diketahui.

Bila ketiga faktor di atas dalam batas normal, ibu dianjurkan diet yang seimbang (cukup protein dan buah-buahan, olah raga satu kali dalam seminggu, kurang lebih 1-2 jam), jaga berat badan ideal, dan bersenggama 2-3x seminggu. Semoga berhasil. (SC)

dr. Samson Chandra, SpOG, D.MAS

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement