Jumat 02 Mar 2012 11:32 WIB

Sudah Operasi Kanker Payudara, tapi Kembali Merasakan Sakit

Kanker Payudara/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Kanker Payudara/Ilustrasi

Pertanyaan:

Salam sejahtera, saya ingin tanyakan mengenai kanker payudara yang kakak saya derita. Menurut pernyataan dokter spesialis, di mana kakak saya selalu melakukan check up 1 minggu yang lalu, bahwa kanker yang telah dioperasi (2 tahun yang lalu) sudah bersih dan dinyatakan sehat. Namun, saat ini kakak saya kembali merasakan sakit, seperti ngilu, keras/ bantat saat dipegang. 

Dok, sekarang kesehatan jiwa kakak saya semakin menurun, antara sakit dan takut. Apa hal ini ada pengaruhnya dengan obat rebonding (beberapa bulan yang lalu), atau cuma faktor kecapekan saja? Mengingat perjalanan hampir tiap minggu dengan menggunakan mobil dengan jarak Blitar - Surabaya. 

Solusi apa yang terbaik ya dok? Apa iya faktor terlalu banyak pikiran juga menjadi salah satu faktor timbulnya rasa sakit? Dokter mungkin memiliki solusi terbaik bagi kami, terima kasih, salam. 

Larose, Blitar - 25 tahun

Jawaban: 

Untuk Mbak Larose yang baik hati, sungguh perhatian kepada keluarga dengan begitu tulus dapat menjadi sebuah semangat baru bagi pasien tentunya. Sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan, maka berkenaan dengan kanker sebaiknya pasien segera diperiksa secara lengkap untuk mengetahui stadium penyakitnya.

Dalam hal ini penting untuk dapat diketahui apakah telah terjadi penyebaran dari kankernya sehingga menyebabkan kondisi lemas. Perlu kiranya dan sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan komprehensif dengan supervisi dokter spesialis bedah tumor dalam melakukan penanganan pasca operasi sehingga dapat diketahui perkembangan sesudah dilakukan operasi payudara.

Secara psikologis, hal diatas menuntut adanya penerimaan dari keluarga. Selalu memberikan kepercayaan diri bagi kakak saudara, dengan cara memotivasi agar bangkit kembali dan memberikan penjelasan bahwa medis sudah menyatakan bahwa kakak saudara telah sehat. Namun, mengingat bahwa hal ini sedikit mengganggu kejiwaan kakak saudara maka kakak saudara perlu mendapatkan konseling/ treatment karena sudah mengalami ansietas (kondisi jiwa dimana terjadi kecemasan, ketakutan dan kekhawatiran). 

dr. Taslim Mansoer SpBONK & Anastasia Sri M., M.Psi.

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement