Jumat 30 Dec 2011 10:35 WIB

Nyeri di Pertengahan Siklus Menstruasi

Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi
Foto: .
Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi

Pertanyaan :

Dok, saya mau tanya, saya menikah 30 Juni 2011. Tanggal 1 s/d 7 saya menstruasi (selesai hingga bersih), tapi sekitar tanggal 12 s/d 14 keluar lagi flek-flek coklat seperti mens. Masalah ini terjadi sebulan sebelum saya menikah hingga sampai sekarang. Rasanya sangat tidak nyaman, dan membuat saya bingung. Perut saya nyeri seperti sedang menstruasi. Kalau dibilang jamur, dia tidak gatal, saya sudah beberapa kali ke dokter kandungan, tapi belum ada perubahan. Apakah ini berbahaya? Mohon penjelasannya. Terima kasih dok.

Dewi Nurma-28 tahun, Bekasi

Jawaban :

Untuk ibu Nurma yang baik hati, semoga tidak bingung kembali setelah ini ya. Sebelumnya selamat atas pernikahan ibu. Nyeri pada pertengahan siklus menstruasi, kadang kala dapat terjadi pada saat sel telur terlepas dari indung telur, hal ini terkenal dengan nama mittelschemerz dan hal ini dialami oleh ± 20% wanita, namun dengan intensitas sakit yang berbeda tentunya.

Gejala lain yang mengikuti mittelschemerz adalah:

Lendir vagina yang lebih lengket, hal ini menandakan bahwa wanita sedang masa subur.

Flek, yang disebabkan penurunan sementara kadar hormon estrogen yang tiba-tiba, sesaat sebelum ovulasi.

Jadi jelas bila pada pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter kandungan tidak dijumpai kelainan, hal ini merupakan proses psikologis. Namun untuk dapat melakukan diagnosa atas pemeriksaan keseluruhan, ada baiknya ibu melakukan pemeriksaan penunjang secara menyeluruh, dan berkonsultasi dengan dokter kebidanan serta kandungan tentunya.

Demikian ya bu Dewi, salam sehat.

-dr. Samson Chandra, SpOG, D-MAS

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement