Senin 05 Dec 2011 13:33 WIB

Gadis Mengalami Gangguan Haid

Gangguan haid/Ilustrasi
Foto: Musiron/REPUBLIKA
Gangguan haid/Ilustrasi

Pertanyaan :

Dok, saya gadis berusia 22 tahun, saya mengalami gangguan haid, tepatnya saya tidak datang haid. Ketika umur 17 tahun saya konsultasi ke dokter kandungan dan diberi vitamin perangsang hormon (seperti pil KB, chycloproginova). Sehabis minum obat itu, saya langsung datang haid, namun ketika obat itu tidak saya minum, saya tidak datang haid lagi, yang mau saya tanyakan: Apakah obat itu memiliki efek samping? Bagaimanakah cara menormalkan haid saya? Apakah saya bisa hamil nanti?

Terima kasih dok

Noni-22 tahun, Cibinong

Jawaban :

Hi, Nona Noni semoga selalu diberikan kesehatan yang terbaik dalam kesehariannya. Terkait dengan pertanyaan yang diajukan, maka pola keterlambatan haid yang dialami telah berlangsung dalam waktu yang lama durasinya sekitar 5 tahun (dimulai sejak 17 tahun).

Dalam hal ini memang harus dilakukan pemeriksaan penunjang yang menyeluruh untuk dapat mengetahui sumber penyebab kelainan haid Anda. Semua obat pasti memiliki efek samping, penggunaan yang baik dan sesuai anjuran dokter dapat membantu mengurangi efek tersebut.

Kelainan haid yang anda alami termasuk kelainan yang cukup panjang periodenya, pada konteks tersebut diketahui bahwa banyak sekali faktor yang mempengaruhi siklus dan pola haid, tidak hanya sekedar rahim atau indung telur (ovarium), bisa dikontribusikan oleh problem hormonal, maupun juga pengaruh dari dari otak besar dan otak kecil.

Konsultasi berkala dengan dokter kebidanan dan kandungan berkenaan dengan siklus yang dialami Nona Noni tentu menjadi sebuah aktifitas yang baik dalam upaya mengetahui perkembangan serta penanganan yang sesuai dengan observasi fisik yang dialaminya.

Sehubungan dengan pertanyaan mengenai kehamilan, maka proses hamil atau tidaknya seorang wanita memiliki aspek yang luas, dengan banyak faktor yang perlu dinilai, sehingga tidak sekedar siklus haid saja yang menjadi indikatornya. Faktor-faktor tersebut sebagian bisa dapat dinilai setelah anda menikah, seperti kualitas kesuburan suami maupun waktu yang tepat untuk bercengkrama dengan suami Nona Noni nantinya.

Dalam hal ini yang perlu dijaga sampai nantinya menuju pernikahan adalah dengan menjaga pola makan serta gaya hidup sehat agar tetap memiliki kualitas kesehatan terbaik. Demikian yang dapat kami jawab, semoga dapat membantu ya Nona Noni, terima kasih-Salam sehat. (RS)

dr. Ricky Susanto. SpOG, M.Kes

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement