Selasa 15 Nov 2011 11:41 WIB

Usaha yang Layak untuk Masa Pensiun

Pensiun/Ilustrasi
Foto: ANTARA
Pensiun/Ilustrasi

Pertanyaan :

Assalamualaikum wrww

Rencananya tahun depan saya pensiun di usia 50 tahun. Mohon pencerahannya tentang usaha yang layak saya tekuni dengan dana Rp.500 juta. Saya masih mempunyai tanggungan anak 4, ada yang kuliah dan ada yang masih SD.

Usaha apa yang cocok dan bisa melanjutkan pendidikan anak di yogya, karena saya tinggal di yogyakarta.

wassalam - Harjo

Jawaban :

 

Wa'alaikumsalam wr wb

 

Yang namanya usaha memang banyak sekali faktor penentu kesuksesannya. Memilih jenis usaha yang akan dilakoni pun perlu pertimbangan yang matang, dan yang paling tau bisnis apa yang paling cocok justru diri Anda sendiri. Karena nantinya Anda lah yang akan menjalankan bisnis ini. Dan peluang usaha apa yang ada di depan mata, Anda juga yang melihatnya.

 

Saya hanya bisa sarankan agar tidak seluruh dana pensiun dijadikan sebagai modal usaha. Sebagian diantaranya harus tetap diinvestasikan di tempat lain untuk membagi risiko. Saran saya sih, selama beberapa bulan pertama Anda menjalankan usaha, bisa mengambil biaya hidup dari dana tersebut.

Konsultasi keuangan keluarga diasuh oleh Ahmad Gozali, perencana keuangan pada Safir Senduk & Rekan. Kirimkan pertanyaan Anda ke [email protected]

 

 

www.ahmadgozali.com

@ahmadgozali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement