Jumat 28 Oct 2011 14:08 WIB

Pasca Dikuret Menstruasi tak Kunjung Datang

Sakit Perut/Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Sakit Perut/Ilustrasi

Pertanyaan :

Dear pak dokter, perkenalkan saya Puji 28 tahun, pada bulan April lalu saya dikuret karena hamil anggur (pasca dari keguguran hanya diberi obat peluntur bukan dikuret) dan hingga sekarang saya belum datang haid. Kemarin, saya ke dokter yang memegang riwayat medis saya kemudian memberikan obat provera 2 butir. Sampai saat ini saya tidak kunjung menstruasi, apakah ini berbahaya dok? Karena saya takut nanti malah menjadi kanker, mohon penjelasan serta solusi yang dapat diberikan, terima kasih atas perhatiannya.

Puji, 28 tahun - Jatimurni

Jawaban :

Untuk Ibu Puji yang baik, semoga selalu diberkahi dalam kesehatan ya bu. Menelisik uraian riwayat yang Ibu ceritakan tersebut, maka benar memang bila gangguan haid yang terjadi pada ibu harus diamati perjalanannya sesuai dengan riwayat penanganan medis yang sudah dilakukan sebelumnya.

Sehingga dengan demikian, apa yang Ibu Puji lakukan sudah tepat untuk terus menjalin komunikasi sekaligus berkonsultasi dengan dokter yang menangani ibu. Hal itu disebabkan karena pengobatan terhadap gangguan haid pasca kuretase yang ibu alami saat ini memerlukan pengobatan secara berkelanjutan.

Pada kondisi pasca pengobatan hamil anggur ada satu hormon (HCG)-Human Chorionic Gonadorropin yang harus terus dimonitor dalam kurun waktu yang agak lama sekitar 6 bulan, guna melihat konsistensi hasil. Fluktuasi dari hormon tersebut yang menentukan kondisi pengobatan ibu selanjutnya.

Perlu disadari bahwa kanker pada organ reproduksi wanita banyak sekali, dan follow-up dari ibu sendiri sangat diperlukan untuk mendeteksi kanker tersebut, misalnya dengan pemeriksaan hormon HCG serta papsmear rutin. Dengan demikian, memang sudah sangat terpuji apa yang ibu Puji lakukan dalam pemeriksaan berkala, serta mengikuti arus hasil konsultasi dengan dokter yang menangani sebelumnya. Segera lekas pulih ya bu, salam. (RS)

dr Ricky Susanto, SpOG

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement