Jumat 08 Jul 2011 10:19 WIB

Apakah Sakit Usus Buntu Bisa Kambuh Lagi?

Sakit Perut
Foto: corbis.com
Sakit Perut

Pertanyaan :

Dok, sering bagian perut bagian kanan bawah terasa sakit dengan nyeri yang cukup membuat saya menderita, padahal 3 tahun lalu saya telah melakukan operasi usus buntu, Apakah bisa kambuh lagi? Lalu apa kiranya sakit saya ini ya dok?

Danu Wirya - 31 tahun

 

Jawaban :

Mas Danu yang baik hati, secara umum untuk perut bagian bawah diisi oleh organ seperti usus besar, usus kecil maupun kandung kemih. Terkait pertanyaan apakah gejala sakit perut bagian kanan bawah akibat kekambuhan usus buntu yang telah diangkat, agaknya tidak mungkin.

Banyak hal yang belum tereksplorasi, seperti bagaimana serangan sakit perut yang dihadapi? Lama dalam durasi harian atau hanya tertentu dan hitungan jam? Apakah kemudian disertai dengan demam dan diare dalam aspek komplikasi serangan sakit perut tersebut?

Namun demikian, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya radang usus, yang menyebabkan perlukaan permukaan usus, atau dapat juga berupa terjadinya perlengketan usus. Disamping itu bisa jadi ada bisul maupun massa di dalam usus yang menjadi penghambat saluran, sehingga berefek pada timbulnya rasa sakit.

Oleh karena itu, dalam hal ini banyak sekali faktor diagnosa yang memungkinkan, akan lebih tepat bila kemudian dilakukan konsultasi dengan dokter Anda secara langsung, agar tepat penanganan sesuai dengan indikasi yang dialami. Semoga Mas Danu lekas sembuh. (MK)

dr Maridi Kartasasmita, SpB ( Spesialis Bedah )

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Anda memiliki masalah dengan kesehatan ? Kirim pertanyaan Anda ke email: [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement