Kamis 31 Mar 2011 11:43 WIB

Kuliah Tidak Sejiwa

Mahiswa di kampus/ilustrasi
Foto: Darmawan/Republika
Mahiswa di kampus/ilustrasi

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Selamat siang Ibu Evi, saya Dina (23). Tahun 2010 lalu saya lulus S1 dari sebuah PTN. Namun karena banyak pertimbangan dan tidak sesuai dengan yang saya harapkan, saya belum mendapat pekerjaan lagi. Saya sempat bekerja di perusahaan swasta namun tidak lama, karena saya mengalami kecelakaan kecil sehingga harus beristirahat sementara.

Begini Bu, saya menyadari kalau saya tidak bisa menjiwai jurusan yang saya ambil sewaktu kuliah. Pada saat memilih jurusan juga tidak murni berdasarkan pilihan saya sendiri, melainkan karena suatu alasan yang cukup panjang apabila saya jelaskan disini. Selain itu, saya merasa jurusan saya tidak begitu banyak dikenal dan tidak begitu spesifik untuk melamar kerja.

Saya bingung apabila ditanyakan lebih dalam mengenai jurusan saya karena tidak spesifik dan terlalu banyak materi yang dipelajari namun tidak dibahas secara mendalam. Intinya saya agak menyesal dengan jurusan yang saya ambil, walaupun itu semua sudah terlambat. Pada dasarnya saya menyenangi desain/menggambar walaupun tidak terlalu ahli, dimana minat saya ini sama sekali berbeda/tidak berhubungan dengan jurusan S1 saya. Saya ingin menanyakan, apakah ada kuliah atau lembaga pendidikan lainnya yang bisa saya ambil selanjutnya? Yang sesuai dengan minat yang saya inginkan? Orang tua saya menyarankan saya untuk mengambil S2 daripada menunggu terlalu lama untuk pekerjaan. Namun, saya tidak ingin mengulang masa kuliah S1 lagi dimana saya tidak menyenangi apa yang saya pelajari sehingga pemahaman saya sedikit sekali.

Saya berpikir apabila saya mengambil S2 sedikit banyak harus memiliki hubungan dengan jurusan S1 saya (atau paling tidak sifatnya sangat umum seperti manajemen/ekonomi). Saya ingin belajar lagi sesuai dengan minat yang saya inginkan, sedangkan minat saya itu sangat berbeda sekali dengan jurusan S1 saya. Saya sempat terpikir apakah saya mengambil S1 lagi dengan jurusan yang berbeda dan sesuai minat? Tapi berarti akan lama sekali waktu yang saya butuhkan, empat tahun akan saya habiskan untuk S1 lagi, sedangkan saya ingin segera bekerja. Saya pernah mengikuti kursus desain grafis tapi hanya selama 3 bulan dan saya merasa belum cukup ilmu yang saya punya di bidang yang saya minati itu.

Apakah saya harus mengambil D3? Saya ingin melanjutkan sekolah yang sesuai dengan minat saya, yang mendapat pengakuan apabila saya melamar kerja. Saya pernah dengar semacam kuliah profesi, apakah itu jawabannya Bu? Saya sangat berharap Ibu bisa membantu saya memberikan saran. Terima kasih sekali Ibu

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Wina Faradina

Jawaban :

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh,

Mbak Dina yang senantiasa dirahmati Allah, sebelumnya saya turut prihatin dengan kecelakaan yang Anda alami sehingga harus berhenti bekerja. Namun saya senang sekali membaca surat Anda, sebab Anda adalah figur yang memiliki motivasi belajar tinggi. Sewaktu S1 Anda mengatakan memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat Anda. Jurusan yang tidak begitu dikenal dan spesifik. Sayangnya Anda tidak menyebutkan jurusan yang Anda pilih.  Memang ada kalanya seseorang mengambil keputusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi bukan dasar pilihan sendiri, misalnya karena pilihan orang tua atau memilih jurusan yang diterima di PTN/PTS.

Mbak Dina yang baik, saya pikir materi kuliah di S1 manapun tentu saja belum begitu spesifik dan mendalam, sebab materi-materi kuliah di S1 masih bersifat pengenalan sehingga tidak mendalam. Bahkan beberapa materi bersifat pengulangan sewaktu di SMA seperti materi-materi kuliah dasar umum.

Minat Anda pada  desain/menggambar sangat tinggi. Hal itu bagus. Setelah Anda berhasil menyelesaikan S1 di PTN dengan jurusan yang tidak Anda minati, ada baiknya Anda mengembangkan minat Anda di dunia desain. Anda dapat memilih kuliah jurusan desain sesuai program D3, S1 atau S2 yang akan Anda ambil. Anda beruntung mendapat dukungan dari orang tua Anda untuk melanjutkan ke S2. Sebagai informasi, boleh kok mbak Dina mengambil S2 yang tidak linier dengan S1-nya. Maksudnya Anda dapat mengambil jurusan di program S2 yang tidak sama konsentrasi ilmunya ketika S1. Kecuali jika seseorang ingin memperdalam ilmu S1 maka sebaiknya melanjutkan S2 dengan jurusan yang sama. Demikian juga jika ingin menjadi dosen, sebaiknya memilih jurusan S2 yang linier dengan jurusan saat S1. Kuliah profesi adalah kuliah lanjutan setara S2 setelah menyelesaikan S1 pada bidang tertentu, misalnya sarjana psikologi yang ingin mengambil profesi psikolog maka wajib mengambil kuliah profesi di S2 psikologi.

Mbak Dina yang selalu semangat, desain grafis yang Anda minati tersebut adalah ilmu yang aplikatif dan dibutuhkan di dunia kerja. Pengalaman Anda kursus desain grafis, bisa menjadi modal untuk kembali melanjutkan kuliah di jurusan tersebut. Jika Anda pandai membagi waktu, Anda bisa kuliah sambil bekerja. Saya pikir ilmu S1 Anda bisa menjadi nilai lebih ketika suatu saat Anda melamar dan diterima bekerja. 

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Sukses selalu ya.

 

Rubrik konsultasi ini diasuh oleh Evi Afifah Hurriyati, M.Si, Trainer Pendidikan & Kepala Program Sekolah Guru Ekselensia Indonesia LPI Dompet Dhuafa Republika. Kirimkan pertanyaan Anda ke: [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement